Inovasi Dalam Bisnis (Business In Innovation) Secara Singkat
image source: dreamstime.com
Inovasi Dalam Bisnis (Business In Innovation)
Menurut Drucker (1969: 90), terdapat dua jenis inovasi pada setiap bisnis. Inovasi produk atau jasa. Kedua, inovasi berbagai keahlian (skills) dan aktivitas-aktivitas yang diperlukan untuk menghasilkan inovasi jenis pertama tersebut.
Inovasi berkaitan dengan penciptaan nilai (value creation) yang akan memberi konsumen kepuasan lebih besar untuk setiap rupiah yang dia belanjakan. Perlu diingat bahwa konsumen sebagai pembeli/pengguna bersedia menukar uang yang mereka miliki dengan barang dan jasa, karena barang dan jasa tersebut memiliki nilai (value).
Oleh sebab itu, tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai pada suatu produk. Misalnya pada sepatu Compass atau Ventela yang memiliki nilai classic dan desain yang tidak membosankan oleh konsumennya, selain nilainya, sepatu Compass dan Ventela memberikan kita pandangan untuk bangga pada produk lokal "local pride".
Demikian pula pada saat konsumen membeli mie instan merek Indomie, mereka bersedia menukar uangnya demi memperoleh kenikmatan mie yang tiada tara, sangat lezat.
Leave a Comment