6 Tips Pendanaan Beradasarkan Keuntungan Pasar Kita

 Dalam semangat dan kegembiraan orang-orang tentang produk atau layanan baru, pengusaha cenderung terus menerus mempersempit ruang lingkup pesaing potensial, dan sering mengklaim tidak memiliki pesaing langsung. Hal ini menimbulkan tanda bahaya besar bagi calon investor, yang menyimpulkan bahwa tidak ada pesaing berarti tidak ada pasar, atau kita belum melihatnya, dan startup baru kemungkinan besar tidak dapat diinvestasikan.

Mereka mencari startup yang memiliki keunggulan berkelanjutan atas penawaran pesaing langsung dan tidak langsung, serta nilai yang jelas bagi pelanggan yang hidup tanpa produk kita saat ini. Pertama ke pasar, misalnya, biasanya bukan merupakan keuntungan berkelanjutan bagi para pemula. Startup tidak memiliki sumber daya untuk mengungguli pesaing besar yang melihat daya tarik awal dan mengejarnya.

Cakupan yang sempit juga tidak membantu masalah kita. Persaingan untuk mesin mobil bahan bakar hidrogen baru kita tidak terbatas pada penawaran mesin otomatis hidrogen lainnya, atau bahkan mobil lainnya. Ingat transisi transportasi dari kuda ke mobil ke kereta ke pesawat terbang. Semua ini adalah pesaing dalam hal kecepatan, harga, atau kemewahan.

Keuntungan seterusnya juga harus dapat diukur dan cukup besar untuk mengatasi resistensi alami yang harus diubah setiap orang, atau mempelajari pendekatan baru. Perspektif kita sebagai investor adalah bahwa setelah kita melewati pengadopsi awal, kebanyakan orang tidak akan beralih ke pendekatan baru kecuali mereka merasakan penghematan biaya atau waktu atau keuntungan kecepatan setidaknya 20 persen. Istilah non-spesifik, seperti kegunaan yang lebih baik dan biaya rendah tidak mendorong pelanggan untuk bertindak akhir-akhir ini.

Jadi apa saja tips yang harus kita soroti dalam slide investor kita untuk meyakinkan investor bahwa kita memang memiliki keunggulan kompetitif jangka panjang dibandingkan alternatif lain di pasar? Berikut ini beberapa di antaranya:

Perlindungan paten yang diterapkan sebagai penghalang untuk masuk

Investor memahami bahwa paten dapat dihancurkan oleh pesaing yang tidak bermoral, tetapi mereka membuktikan keyakinan kita, bahwa kita telah menciptakan sesuatu yang inovatif, dan bersedia melakukan pekerjaan untuk mempertahankannya. Kekayaan intelektual lainnya memiliki nilai yang serupa, termasuk rahasia dagang, hak cipta, dan merek dagang.

Solusi kita hanyalah permulaan, bukan satu-satunya solusi

Startup kita perlu fokus pada solusi spesifik, tetapi kita perlu menunjukkan rencana jangka panjang untuk lini produk yang terus-menerus inovatif, atau serangkaian solusi lanjutan, yang akan membuat kita unggul dari pesaing. Tidak ada investor yang ingin terikat dengan "one-trick pony".

Pengurangan biaya atau peningkatan produktivitas pada urutan besarnya

Pengusaha sering menyatakan bahwa mereka akan bekerja lebih keras dan lebih efisien daripada pesaing, sehingga mengurangi biaya dan meningkatkan produktivitas. Pendekatan ini tidak meyakinkan. Investor terus mencari terobosan teknologi, proses, atau model bisnis, untuk memindahkan biaya ke tingkat yang baru.

Tim startup dengan pengalaman dan koneksi adalah domain

Tim yang telah bekerja sama di awal sebelumnya selalu menjadi nilai tambah. Pengetahuan ahli dalam domain bisnis yang relevan adalah nilai tambah lainnya. Hubungan hangat dengan distributor, pemasok, dan calon investor besar yang dibutuhkan adalah nilai tambah yang utama. Investor selalu memeriksa koneksi.

Pikirkan posisi kepemimpinan di pasar dan set pelanggan kita

Pengakuan dan visibilitas sebelumnya di pasar sasaran sangat berharga dari perspektif kompetitif. Pengusaha sukses selalu mulai lebih awal membangun merek mereka sendiri melalui media sosial, forum industri, acara terjadwal, penerbitan buku, dan ceramah.

Diferensiasi produk yang jelas dan fokus

Solusi yang terutama mengintegrasikan fungsi dari beberapa produk yang ada kemungkinan besar tidak akan memberikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Fokusnya berkurang, sulit untuk mengikuti perubahan produk individu, dan kita akan selalu bersikap defensif. Investor selalu menginginkan fokus dan terobosan inovasi.

Hampir seburuk positioning, tidak ada pesaing yang mencoba memposisikan daftar besar pesaing (sepuluh atau lebih). Lebih baik merekomendasikan untuk tidak pernah menyebutkan lebih dari tiga nama tertentu, dan menggunakan masing-masing sebagai perwakilan dari sekelompok pesaing. Misalnya, "Perusahaan A adalah perwakilan dari banyak pihak yang memberikan solusi komoditas di bidang ini." Investor mewaspadai ruang yang ramai.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.