10 Tips Branding Inovatif Untuk Solusi Brand Yang Terbaik
Dalam dunia yang terus berubah dan informasi yang berlebihan melalui internet saat ini, pemasaran konten dan pencitraan merek seringkali lebih penting untuk kesuksesan daripada kualitas produk atau teknologi. Berlawanan dengan mitos populer, pemasaran dari mulut ke mulut dan viral bukanlah pengganti untuk aktivitas branding yang lebih mendasar. Tantangannya adalah banyak pemilik bisnis baru yang masih belum tahu harus mulai dari mana.
Konsumen generasi baru tahu apa yang mereka inginkan, dan berharap mendapatkannya saat mereka menginginkannya, dari sumber pilihan mereka. Berikut beberapa rekomendasi utama untuk membangun rencana branding kita:
Cari tahu siapa pelanggan kita melalui media sosial
Secara tradisional, branding berarti menargetkan segmen pelanggan, dan berharap tebakanmu benar. Sekarang kita bisa mendapatkan kontak langsung dan wawasan nyata dengan menguji pesan inovatif melalui media sosial bahkan sebelum kita meluncurkan produk, dan dapat menyesuaikan pesan dan produk Anda.
Pimpin percakapan secara aktif, serta mendengarkan secara nyata
Pelanggan saat ini menginginkan hubungan dengan sumber pilihan mereka, bukan hanya transaksi yang baik. Itu berarti mereka ingin melihat kita sebagai pemimpin, dengan ide-ide inovatif dan sudut pandang yang nyata. Mereka membutuhkan alasan untuk terus kembali, dan keyakinan bahwa Anda benar-benar peduli pada mereka secara pribadi.
Ceritakan sebuah cerita dengan merek Anda, dan buat itu berkesan
Orang-orang mengingat dan setia pada cerita yang penuh gairah atau emosional yang dapat mereka ceritakan. Mereka akan memiliki ingatan yang pendek dan tidak setia pada harga terendah atau paling mudah digunakan. Hari-hari ini mereka suka melihat koneksi ke tujuan yang lebih tinggi, seperti membantu masalah sosial atau lingkungan.
Libatkan customer dengan kontes, acara, atau hadiah
Gunakan keterlibatan untuk menyampaikan proposisi nilai kita, bukan hanya sebagai pengalihan yang tidak terkait. Izinkan mereka berkontribusi pada brand kita, dan minta mereka untuk menyebarkan pesan tersebut kepada kerabat-kerabat mereka. Sasaran target harus selalu mengarahkan mereka ke langkah terakhir dalam membuat keputusan membeli, dan kembali.
Memanfaatkan tren dan kekuatan smartphone yang masif
Soroti bagaimana brand kita mendukung smartphone, untuk belanja, transaksi pembelian, penggunaan, dan dukungan. Smartphone jauh lebih kuat daripada cetak, siaran, atau papan reklame sebagai kendaraan pengiriman, dengan kemampuan instannya untuk menjalin hubungan, memulai transaksi, atau memberikan umpan balik.
Posisikan produk kita sebagai pengiriman untuk layanan sesuai permintaan
Cirikan brand kita sebagai merek yang membangun hubungan melalui produk yang dipersonalisasi yang menyediakan layanan. Misalnya, dengan menjual sepatu, kita dapat menjual layanan kenyamanan berjalan dengan mengukur kaki secara digital dan mempersonalisasi kesesuaian dengan kebutuhan unik setiap pelanggan.
Fokus pada diferensiasi produk dan pisahkan diri kita
Kita tidak bisa menang dengan menjadi "the only one corporate" yang menjual dengan harga. Gunakan wawasan, kecerdasan, dan inovasi untuk membuat merek kita didengar di dunia yang dibombardir dengan pesan dan kesan yang serupa. Lakukan riset untuk menemukan keunggulan kompetitif terbaik kita, lalu soroti dan jalani diferensiasinya.
Gunakan periklanan cerdas yang dipersonalisasi untuk menargetkan pelanggan
Teknologi periklanan online saat ini dapat menargetkan pelanggan individu, berdasarkan lokasi, minat pribadi, dan perilaku pembelian sebelumnya, serta usia dan jenis kelamin. Tantangannya adalah melakukan ini dengan cara alami yang menambah nilai, alih-alih dianggap mengganggu atau mengganggu.
Perhatikan baik-baik pengemasan dan pengiriman
Bagi terlalu banyak perusahaan, pengemasan dan pengiriman adalah renungan, tetapi seharusnya tidak demikian. Steve Jobs adalah ahli dalam hal ini dengan perhatian pada detail dan gaya dalam kemasan, dan dia menjadikan Apple merek premium. Untuk solusi e-commerce, orang mengingat merek Anda saat mereka melihat pengiriman instan.
Gunakan analitik untuk menilai upaya kita dan pesaing kita
Dewasa ini, mengembangkan branding hanya dengan firasat tidaklah efektif. Ada banyak alat di luar sana untuk mengukur dampak dari setiap inisiatif baru, termasuk Google Analytics dan SimilarWeb. Ini juga membuat kita tetap mengikuti upaya pesaing. Fokus pada elemen branding yang cocok untuk kita.
Saat ini adalah kegagalan besar untuk mencoba meluncurkan produk atau solusi inovatif tanpa strategi dan rencana pencitraan merek digital yang sama inovatifnya. Bahkan produk terbaik tidak akan laku atau diingat jika tidak dapat ditemukan atau dibedakan oleh pelanggan. Jangan mengandalkan teknik pencitraan brand tradisional untuk solusi inovatifmu. Keberhasilan bisnis kita bergantung padanya.
 
 
 
 
 
Leave a Comment